Kabar dari Japan Modern Festival (JMOST) 2016 – Samarinda


Karakter anime Jepang yang lucu dan unik banyak membuat muda-mudi tertarik. Peniru gaya, kostum dan karakter tokoh anime tersebut biasa disebut cosplayer.
SELAMA dua hari, 15–16 Oktober, GOR Segiri, Samarinda, dipenuhi pencinta anime Jepang. Japan Modern Festival alias J-Most, begitu nama event itu disebut. Berbagai tokoh anime banyak diperagakan oleh cosplayer tersebut. Salah satunya, Power Ranger.
“Tujuan J-Most untuk mengumpulkan teman-teman yang hobi jejepangan tanpa harus pergi ke Jepang. Cosplayer yang hadir sekitar 50 orang tidak hanya dari Samarinda, ada dari Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Tanah Paser, Tenggarong, dan Bontang. Tiket yang terjual hingga 800 lembar,” papar Andra Aditya Vadlan, ketua panitia J-Most saat ditemui di GOR Segiri, kemarin.
Andra mengatakan, tidak hanya ajang bersilaturahmi, tapi juga ada lomba, yaitu cover lagu Jepang dan cosplay perform. Kriteria penilaian terdiri dari pendalaman karakter, efek sound dan kostum. Juri yang menilai penampilan cosplayer berasal dari Bandung. Awal Januari bakal diadakan event cosplay di Balikpapan dengan skala nasional.
Dayata, peserta cosplay, mengaku ikut event tersebut karena kecintaannya pada anime Jepang sejak kecil. Dia mengikuti lomba coswalk dengan membawakan karakter Haruto, salah satu game Jepang bergenre perang. Dia memakai baju hitam ala anime Jepang dan membawa pedang. Tentunya, pedang yang dibawa hanya properti.
“Kostumnya bikin sendiri, dandan juga sendiri,” ucap alumnus Teknik Industri, Universitas Mulawarman (Unmul) tersebut. Tidak ada kesulitan bagi Dayata untuk berdandan dan membawa aksesori. Sebab, usaha Dayata memang berjualan properti cosplay.

Sumber: Prokal, 17 Oktober 2016


Updated: 19.15.00

0 komentar:

Posting Komentar